Selamat datang di Blog Acmad Fauzy Sebuah Blog Yang Berisikan Berbagai Jenis Informasi tentang teknisi komputer

Selasa, 26 April 2011

Langkah setting koneksi wireless untuk di rumah

Internet sudah bukan lagi hanya untuk kebutuhan para kalangan intelektual seperti: pengusaha, universitas, lembaga-lembaga pemerintah dan media televisi. Tetapi internet sudah menjadi kebutuhan umum untuk semua manusia semua golongan dan semua pelosok seluruh dunia. Internet sudah menjadi sarana aktivitas umum di semua kalangan, dengan banyak beredarnya handphone yang bisa mendukung untuk layanan internet, warnet-warnet yang sudah tersebar di tempat terpencil menandakan bahwa kemajuan internet memang sudah tidak diragukan lagi. Aktivitas internet juga bisa digunakan untuk kalangan usaha-usaha kecil untuk mempromosikan usahanya. Internet memang sudah tidak lagi dipandang sebagai kebutuhan yang mewah, tapi internet sekarang menjadi kebutuhan untuk mencari nafkah.

Salah satu pengubunginternet yang sangat mudah adalah koneksi wireless (tanpa kabel). Wireless internet merupakan koneksi internet yang menggunakan frekuensi radio dan bekerja pada kecepatan tinggi yaitu 11–54 Mbps, jauh lebih cepat daripada layanan internet melalui telepon yang hanya kecepatan maksimum 56 Kbps (milik telkom).


Pemakaian wireless internet memungkinkan akses internet selama 24 jam dengan biaya sangat murah karena wireless internet tidak akan dikenakan pulsa, sehingga pemakai hanya dikenakan biaya pembayaran kepada Internet Service Provider (ISP) saja. Koneksi wireless juga bisa diterapkan dirumah dengan peralatan seperti modem, router, wireless ap, kabel utp, anda sudah bisa buat koneksi internet wireless dirumah dengan nyaman.

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan koneksi wireless dirumah:

1. Reset Akses Poin(AP).
Reset terlebih dahulu itu APnya dengan memencet tombol reset di bagian belakang akses poin selama 10 detik pake paper clip, biar kita yakin settingannya kembali ke default.

2. Berikan IP statis pada Laptop/Notebook/PC.
Laptop/Notebook/PC kita kasih ip statis dengan alamat 192.168.1.* (bintang bisa diisi apa aja asal bukan 245 dan di bawah 255).

3. Sambungkan Laptop dengan AP pake kabel UTP Kalau sudah sambungkan kabel UTP dari Laptop/PC ini ke akses poin secara langsung.

4. Cek koneksi ke AP.
Cek kualitas koneksi ke AP (start -> run -> cmd) dengan menggunakan perintah Ping ke alamat 192.168.1.245, kalau ada reply lanjutkan langkah berikutnya.

5. Buka web administrator AP.
Buka browser trus ketikkan alamat diatas (192.168.1.245) di address bar. Kalau keluar kotak dialog user password isikan “admin” (ini adalah default password AP) pada kotak password, sedangkan username biarkan kosong. Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses poin ini.

Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.168.1.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai, atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis tetapi yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP akses poin ini nantinya.

Pada web based control panel dari akses poin ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G, misalnya Mode, authentikasinya maupun mengganti password default. Setelah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC, lalu sambungan ke jaringan anda. Jika semua telah di setting benar seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel akses poin ini dari jaringan anda.

Gambarannya adalah sebagai berikut:
Output phone line -> kabel telepon -> splitter -> kabel telepon -> modem ADSL -> Kabel LAN/UTP -> Wireless Router => client => client.

Nah yang perlu diperhatikan adalah pada settingan DNS di Wireless Router. Settingannya harus mengikuti settingan DNS yang tertera pada layar konfigurasi Modem ADSL-nya. Dengan demikian kita dapat menikmati hotspot dirumah dengan mudah tanpa ada kabel-kabel utp yang selalu mengikuti kita bila kita membawa laptop untuk internetan.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

About Me

Text

  ©Template by Dicas Blogger.