Selamat datang di Blog Acmad Fauzy Sebuah Blog Yang Berisikan Berbagai Jenis Informasi tentang teknisi komputer

Selasa, 19 April 2011

Cara Daftar Membuat Blog di Blogger.com

Sebenarnya saya bingung untuk memulai postingan ini dari mana. Kalau dari bagaimana cara membuat blog, sebenarnya itu adalah hal yang termasuk sangat dasar. Tetapi tidak ada salahnya kalau saya ulas kembali. Mungkin ada diantara pembaca yang ingin tahu cara membuat blog. Pada kesempatan ini, saya akan bahas mengenai cara membuat blog di Blogger, atau blog yang mempunyai ekstensi blogspot.com, sekaligus sebagai tanda terima kasih, karena situs ini juga dihosting pada blogger.com.

Berikut ini adalah tampilan depan dari situs Blogger:

Blogger

Langsung saja, untuk mempunyai sebuah blog, pertama kali yang harus anda punya adalah sebuah email. Kenapa email? Yah, karena untuk proses pendaftaran dan verifikasi diperlukan sebuah email yang akan dikirim oleh Blogger ke alamat email anda. Sebenarnya bukan cuma untuk membuat blog saja, tetapi semua jenis pendaftaran apapun di internet sekarang ini, baik itu forum, keanggotaan, sampai layanan apapun, semua mensyaratkan untuk memasukkan alamat email.

Apakah anda sudah punya alamat email? Kalau belum, silakan anda buat dulu, baik itu di Yahoo.com, hotmail.com, atau gmail.com. Tetapi yang paling disarankan adalah pembuatan email di Gmail. Kenapa? Karena Blogger sendiri sudah dibeli oleh Google, jadi dengan menggunakan email dari Gmail (Google Mail), verifikasi sudah tidak diperlukan lagi.

Oke, selanjutnya, saya anggap anda sudah memiliki alamat email di Gmail. Dan anda akan membuat blog dengan tampilan berbahasa Indonesia. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

1. Masuk ke http://www.blogger.com.

2. Kemudian klik tulisan Buat Blog

langkah awal daftar blogger

3. Selanjutnya, anda akan dibawa ke layar pengisian seperti dibawah ini. Yang saya isi hanyalah sebuah contoh, isilah dengan data pribadi anda. Jangan lupa centang “saya menerima persyaratan”, lalu klik lanjutkan.

langkah kedua daftar blogger

4. Di halaman selanjutnya, masukkan Judul Blog yang anda inginkan, dan alamat blog yang anda suka. Ingat, alamat inilah yang nantinya akan menjadi alamat blog anda. Jika anda mengisi nama-anda di kolom tersebut, maka blog anda nantinya akan menjadi "http://nama-anda.blogspot.com". Untuk memastikan, silakan klik cek ketersediaan.

langkah ketiga daftar blogger

Jika kira-kira anda sudah merasa sreg dengan nama itu, klik Lanjutkan.

5. Pada halaman Pilih Sebuah Template, anda dipersilakan untuk memilih salah satu template yang tersedia. Sudah dilihat semua templatenya? Ada ga, yang anda suka? Kalau ada, syukurlah, berarti anda termasuk tipe orang yang tidak neko-neko. Hehe… Bagaimana kalo tidak ada yang anda suka dari semua tampilan template yang ditawarkan? Tenang saja, anda bisa mengeditnya menjadi tampilan apapun yang anda suka nantinya. Situs saya ini juga sudah termasuk yang diedit kok. Tapi untuk sementara, biarlah om Blogger senang dulu dengan adanya template yang dia tawarkan dan kita pilih. Wups…! Jangan-keras-keras ya. Hehe…

Template daftar blogger

Kemudian klik Lanjutkan

6. Nah, jika anda mengikuti semua langkah diatas, maka anda akan melihat halaman seperti ini:

Blog Sudah Jadi

Selamat datang! Dengan ini anda sudah resmi menyandang predikat sebagai Blogger Indonesia. Mudah bukan? Akhirnya, silakan klik Mulai Blogging, dan mulailah menulis. Mari kita bersama-sama memajukan Blog Indonesia. Semoga berhasil…!

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

About Me

Text

  ©Template by Dicas Blogger.